Penyuluhan Digitalisasi Marketing melalui platform Online untuk Para Pelaku UMKM Desa Kertosari

Kondisi Perekonomian Desa Kertosari mayoritas mengandalkan pada sektor pertanian seperti perkebunan kopi. Hal tersebut sangatlah berpotensi dikembangkan menjadi produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang dapat didistribusikan dalam pasar lokal.  Selain produk kopi, ada banyak produk UMKM lainnya seperti keripik singkong dan talas, kerajinan gergaji dan kendang, gula aren dan sebagainya. Beberapa produk UMKM juga sudah memiliki brand tersendiri seperti produk olahan kopi yaitu Kopi Koe, Mukti Coffe, Secarik kopi, Ngunjuk Coffe. Namun, sebagian produk UMKM desa Kertosari belum sepenuhnya terpasarkan secara luas sehingga memicu diadakannya sosialisasi mengenai digital marketing.  

Kegiatan penyuluhan digitalisasi marketing yang diadakan oleh Kelompok KKN Giat 3 UNNES dihadiri oleh 13 perwakilan UMKM Desa Kertosari (9/11/2022). Materi disampaikan oleh salah satu anggota KKN Giat 3 UNNES mengenai cara pembuatan akun di marketplace seperti shopee, keuntungan menjual produk di marketplace, resiko menjual produk di marketplace serta bagaimana cara menjual dan membeli produk di marketplace.


Tuliskan Komentar anda dari account Facebook
chat